Heritage Trip Jl. Panggung dan Jl. Karet - KIM Nyamplungan

Breaking

Sunday, December 23, 2018

Heritage Trip Jl. Panggung dan Jl. Karet



Suasana Foto bersama di Pabean Sayangan




















Surabaya - Minggu (02/12) Pagi itu, suasana bongkar muat bawang merah dan ramainya Pasar Pabean tidak menghalangi para mahasiswa, aktifis, Komunitas pegiat sejarah Surabaya, anggota DPRD Kota Surabaya Bapak Vinsensius Awey bersama perwakilan media Jtv dan CNN Indonesia melakukan heritage trip ke Jl.Panggung dan Jl.Karet yang tergabung dalam "Begandring Soerabaia", titik kumpul diawali dari Pabean Sayangan dengan rute Pabean Tengah ( dari Gapura Ketapang VI ke Gang Sawo/Makam Sawo/ sekarang Jl. Panggung ) sebelum kemudian berlanjut menyusuri Jl. Karet.


.

Sebelum menyusuri Jl. Panggung para peserta heritage trip  dibuat terkesima saat memasuki areal  Pasar Pabean. Pasar tertua di Surabaya yang ada sejak Tahun 1849 ini memang kerap menjadi jujukan para wisatawan asing maupun domestik, aroma rempah yang menyengat menjadi keunikan tersendiri.  Blusukan semakin menarik, karena ada interaksi dengan beberapa warga di wilayah RW 11 Jl. Panggung (dalam) sangat ramah, hingga mempersilahkan kami masuk ke dalam rumahnya yang ternyata dulunya tempat usaha bakpao tertua di kampung tersebut. Kemudian ada lokasi cikal bakal Pabrik Kapal Api "Hap Hoo Tjan" yang merupakan Pabrik kopi tertua di Surabaya Utara.

.

Saat memasuki area revitalisasi Jl. Panggung respon dari para peserta blusukanpun beragam, yang menyetujui pengecatan warna - warni yang ada di sisi selatan Jl. Panggung rmerespon positif karena terlhat lebih cerah dan menarik untuk dibuat spot foto. Sedangkan bagi sebagian peserta menyayangkan pengecatan warna -warni  di Jl. Panggung karena menghilangkan warna asli bangunannya. 


Suasana Revitalisasi Jl. Panggung

Dari blusukan heritage trip tersebut, harapannya selain menginventarisir  potensi - potensi lokal baik yang ada di Jl. Panggung seperti Pabrik Kopi kapal Api dan objek wisata bangunan tua rumah Abu Han di Jl. Karet, kuliner dan lainnya untuk nantinya dapat dijadikan seperti paket wisata jalan kaki. Harapan lain tentunya juga  terkait dengan kerjasama komunitas kedepan dengan warga sekitar dalam artian nantinya warga sekitar bisa lebih dilibatkan dengan adanya event heritage trip atau program wisata dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terkait revitalisasi Jl. Panggung dan Jl. Karet kedepan. Sehingga, warga lokal yang terdampak revitalisasi juga ikut diuntungkan dan diberdayakan. (sq) 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad