Begandring Soerabaia - Forum Diskusi Heritage Surabaya - KIM Nyamplungan

Breaking

Saturday, December 1, 2018

Begandring Soerabaia - Forum Diskusi Heritage Surabaya

Suasana Potong Tumpeng Peresmian Forum Begandring
Soerabaia Oleh Bapak Awey dan Perwakilan Bappeko 
Surabaya -  Begandring Soerabaia, forum diskusi terbuka mengenai sejarah surabaya akhirnya diresmikan oleh Bapak Vinsensius Awey anggota DPRD Surabaya bersama perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeko) Kota Surabaya di Lodji Besar Makam Peneleh No. 46 Surabaya.

Tema acara pada malam hari itu adalah tentang Revitalisasi Kota Tua Surabaya Utara "Mau diapakan Jl. Karet dan Jl. Panggung Surabaya", rintik hujan tidak menghalangi para peserta menghadiri forum Begandring Soerabaia diantaranya adalah dosen ilmu sejarah, aktifis dan para pegiat sejarah dan komunitas pecinta sejarah Surabaya. Nampak diantara tamu yang hadir juga ada perwakilan dari warga Jl. Panggung dan Pak Ismail Ketua RW 10 Pabean Sayangan, mengingat Jl. Panggung sisi utara masuk wilayah RW 10 Pabean Sayangan. 

Suasana Foto Bersama
Diawali paparan sejarah surabaya oleh Bapak M.Khotib Ismail dari Wisata Ampel Surabaya  tentang koloni  Kampung Melayu ( Maleisch Kamp ) yang dulunya berada di kawasan Jl. Panggung dan Pabean. Paparan tersebut menjelaskan bahwa terdapat 3 (tiga) Kampung Koloni berdasarkan etnis yang dibuat oleh pemerintah kolonial Belanda saat itu, yakni Kampung Pecinan ( Chinese Kamp ), Kampung Melayu ( Maleisch Kamp) dan Kampung Arab (Arabische Kamp). 

Selanjutnya, sesi terakhir Bapak Nanang Purwono dari Jtv Surabaya memberikan pemaparan tentang Jl. Karet dari sisi revitalisasi dan pariwisata. Tidak ketinggalan,  Bapak Vinsensius Awey ( Pak Awey) menyampaikan bahwa dengan adanya Begandring Soerabaia akan ada banyak hal yang harus dirumuskan dan didiskusikan bersama, tentunya kita tidak ingin Surabaya sebagai kota pahlawan dengan peradaban kota yang modern menghilangkan rekam jejak dan nilai-nilai sejarah yang ada, melainkan harus kita lestarikan bersama. Harapannya, dinas terkait dalam hal ini Bappeko bisa ikut urun rembug dan hasilnya dapat ditindak lanjuti oleh dinas terkait atau Pemkot Surabaya. Rencananya, Minggu 02 Desember juga ada heritage trip ke lokasi revitalisasi Jl.Panggung dan Jl.Karet.

Acara Begandring Soerabaia sudah berjalan selama 3x pertemuan, awal pembahasan penemuan jobong terakota di Jl.Pandean kemudian kedua polemik kelahiran Wr Soepratman dan Revitalisasi Kota Tua Surabaya Jl. Karet dan Jl. Panggung Surabaya (30/11).sq



2 comments:

Post Bottom Ad