Mengais Rejeki Akhir Tahun Di Pasar ikan Pabean - KIM Nyamplungan

Breaking

Tuesday, January 1, 2019

Mengais Rejeki Akhir Tahun Di Pasar ikan Pabean

Mengais Rejeki Akhir Tahun Di Pasar Ikan Pabean

Suasana Pasar Ikan

















Surabaya - Perayaan malam pergantian tahun 2018 memang telah usai.  Namun, dibalik perayaan berkumpul bersama keluarga sambil bakar ikan di malam tahun baru ternyata menyimpan cerita tersendiri, terutama bagi para pedagang ikan di Pasar Pabean. Hampir tiap akhir tahun pasar ikan di Pasar Pabean ini ramai dikunjungi oleh para pembeli, tidak hanya warga lokal sekitar bahkan juga warga dari luar wilayah kawasan Ampel rela datang ke pasar ikan Pasar Pabean ini demi membeli  ikan - ikan segar untuk menikmatinya bersama keluarga. Beragam jenis ikan segar di jual di kawasan pasar ikan di sebelah barat Pasar Pabean ini, diantaranya jenis ikan laut seperti ikan tongkol, cumi dan jenis ikan air tawar salah satunya ikan mujair. Momen akhir tahun ternyata juga dimanfaatkan oleh warga sekitar pasar ikan untuk juga menjual jagung dan arang untuk membakar ikan. 

Penjual Jagung di sekitar Jl. Panggung
Tidak seperti hari biasanya, momen akhir tahun memang terlihat berbeda. Ramainya pembeli ikan yang datang juga dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk membuka lahan parkir darurat. Lahan parkir ini hanya ada saat akhir tahun saja, biasanya di ruas jalan kampung.  Ramainya transaksi jual beli di pasar ikan menjadi daya tarik tersendiri, di tambah lagi momen akhir tahun yang juga menambah pendapatan atau rejeki para pedagang dan warga disekitar pasar ikan.

Terkait dengan adanya revitalisasi kota tua di Jl. Panggung. Nantinya selain bisa menghidupkan kawasan disana baik dari sektor ekonomi maupun pariwisata juga harus memberdayakan warga lokal. Harapannya, tidak menghilangkan karakteristik pasar ikan di Jl. Panggung. Yang utama adalah bagaimana bisa menata dan mengelola akses ke kawasan pasar ikan menjadi lebih baik. Seperti akses jalan, penataan stan para pedagang, parkir mobil pengangkut ikan dan pemanfaatan gedung atau bangunan tua disekitar area tersebut menjadi tempat makan bagi para pengunjung atau pembeli yang ingin menikmati hidangan atau olahan menu ikan segar dari pasar ikan di Pasar Pabean. (Sq)





No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad