Dinkominfo Surabaya Bekali Pegiat KIM Dasar - Dasar Ilmu Jurnalilstik - KIM Nyamplungan

Breaking

Sunday, July 28, 2019

Dinkominfo Surabaya Bekali Pegiat KIM Dasar - Dasar Ilmu Jurnalilstik

Miftah Faridl menyampaikan materi 5w1h
Surabaya - Pentingnya dasar - dasar ilmu jurnalistik bagi para Pegiat Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Surabaya membuat Dinkominfo Surabaya mengundang narasumber yang kompeten, salah satunya dengan merangkul organisasi Asosiasi Jurnalistik Independen (AJI) guna membekali para pegiat informasi se Kota Surabaya. Acara  berlangsung pada tanggal 26 Juli 2019 di gedung Graha Sawunggaling, Jalan Jimerto Surabaya. Sebelumnya acara tersebut ialah megenai Sosialisasi Lomba Kim tingkat Kota Surabaya. Namun, di sela acara juga ada pembekalan mengenai dasar  - dasar ilmu jurnalistik, mengingat pentingnya para pegiat informasi di kawasannya sendiri untuk mengetahui dan mempelajari bagaimana  tahapan menulis berita ataupun merangkai suatu informasi yang didapat kedalam bentuk tulisan dengan format yang memenuhi standar kaidah penulisan berita. Selain dihadiri oleh para Pegiat KIM, juga tidak lupa Dinkominfo Surabaya turut mengundang Lurah dari masing - masing Kelurahan di Surabaya. Acara kemudian di buka oleh Dra. Sri Puri surjandari, Msi. selaku Kabid Kominfo Kota Surabaya .

Ketua AJI, Sdr M. Faridl menyampaikan bahwa pentingnya untuk mengasah kemampuan menulis para pegiat informasi di Surabaya, selain memaparkan kajian penulisan berita menggunakan 5W1H  (What (apa), Where (dimana), When (kapan), Who (siapa), Why (mengapa) dan How (bagaimana)) juga memaparkan contoh penyajian berita melalui video, bahkan beliau mencontohkan salah satu penyajian berita video dari pegiat informasi penyandang tuna netra untuk lebih memberikan semangat dan memotivasi para pegiat informasi. Di tengah acara, Dinkominfo Surabaya juga mengundang Kepala Bappeko Eric Cahyadi, pada acara tersebut, selain mengkampanyekan  Surabaya Smart City, beliau juga memotivasi para pegiat KIM se Surabaya. " Saya akan melibatkan peran aktif para pegiat Informasi di tiap keluarahannya untuk mengangkat potensi lokal serta menjadi mitra dalam mensukseskan Surabaya Smart City, kalau perlu akan dianggarkan untuk Id Card dari Dinkominfo Surabaya bagi para pegiat informasi " terang Eric.           

Sesi terakhir, dilakukan Sosialiasi Lomba Kim Kota Surabaya, juga turut memaparkan juara / pemenang lomba Kim sebelumnya, Kim Mojo mendapat sambutan yang meriah dari para pegiat informasi. Sayangnya, pada sesi akhir ini banyak dari tamu undangan serta pegiat Kim yang kemudian meninggalkan acara, meski acara belum ditutup secara resmi. (sq)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad