Nasi Madura Bu Moa “ Kuliner Khas Kampung Pabean " Surabaya - KIM Nyamplungan

Breaking

Monday, June 18, 2018

Nasi Madura Bu Moa “ Kuliner Khas Kampung Pabean " Surabaya

Mahasiswa DKV UPN Veteran Surabaya melakukan penelitian 
Tugas Akhir di Kampung Pabean Surabaya




















Bagi warga Surabaya masakan khas madura sudah sangat dikenal. Terdapat berbagai macam menu masakan khas madura, yang membedakan mulai dari jenis lauk, penyajian hingga bumbu khas dan lainnya. Salah satunya adalah Nasi Madura Bu Moa,  nasi madura ini sangat familiar di kalangan penikmat kuliner Surabaya. Warung nasi yang berlokasi di jalan Ketapang  gang VI No. 4 Surabaya ini masuk wilayah Rukun Warga (RW) 10 Pabean Sayangan yang merupakan perkampungan yang berdampingan dengan Pasar Pabean Surabaya.  Selain dikenal  sebagai Pasar tradisional   tertua di Surabaya.  Pasar Pabean Surabaya ternyata juga menyimpan beragam kuliner khas sebut saja “ Bakwan Pabean” selain itu, juga  terdapat kuliner khas lainnya seperti di Kampung Pabean Surabaya diantaranya : “Nasi Madura Bu Moa”, Lontong Mie Pabean, Bakso “Cak Philip” dan masih banyak lainnya.  Namun, Nasi Madura Bu Moa adalah yang paling menarik perhatian warga Surabaya.  Sehingga kurang pas kalau ke Pasar Pabean Surabaya yang melewati Kampung Pabean Surabaya tidak mencicipi olahan Nasi Madura Bu Moa.

Asal usul nama “ Nasi Madura Bu Moa ” diambil dari nama almarhumah nenek si penjual  yang bernama “ Moa ” dan nama tersebut sudah cukup lama dikenal di Kampung Pabean Surabaya  mengingat sudah berjualan turun temurun selama 3 (tiga) generasi hingga saat ini diteruskan oleh cucunya dan tetap konsisten berjualan sambil melestarikan masakan khas madura. Kenikmatan dan kelezatan Nasi Madura Bu Moa ini tetap mempertahankan bumbu khas madura dan tidak pernah berubah.

Lauknya pun beragam mulai dari telur dadar gurih, ikan bandeng dan ikan tongkol goreng, babat goreng, peyek udang gurih, kuah semur dan tidak ketinggalan sambal pencit (baca: mangga muda)  yang semua nya diracik dengan bumbu khas Madura, harga nasi Madura Bu Moa juga cukup terjangkau, hanya dengan Rp. 15.000,- bisa menikmati dan membawa pulang olahan Nasi Madura Bu Moa.Warung  Nasi  ini tidak pernah membuka cabang ditempat lain, buka mulai jam 06.00 WIB pagi hingga jam 13.30 WIB dan  terkadang  sudah ludes  pada jam 12.00 WIB.   Menariknya,  Warung Nasi Bu Moa juga pernah didatangi sekumpulan mahasiswa yang sedang melakukan penelitian sebagai bahan tugas akhir seperti  liputan baik dari segi kuliner, pemberdayaan ekonomi ataupun liputan video dokumenter, diantaranya oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Narotama Surabaya hingga mahasiswa Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran di Surabaya.
  

Nasi Madura Bu Moa sudah cukup familiar di telinga masyarakat Surabaya khususnya masyarakat disekitar Kawasan Ampel, Kelurahan Nyamplungan Surabaya bahkan hingga keluar kota Surabaya. Bagaimana tidak, setiap harinya pembelinya pun beragam dari yang pembelinya berasal dari warga Kampung Pabean hingga warga dari luar kota Surabaya, bahkan sopir Gojek dan Grap kerap  terlihat  pada antri menunggu di depan warung nasi ini, setelah diketahui ternyata Nasi Madura ini sudah cukup dikenal  oleh publik netizen. Beberapa  postingan  tentang Nasi Madura Bu Moa sudah dipublikasikan  di media sosial seperti di laman Foursquare hingga Instagram berjajar dengan kuliner khas Surabaya lainnya. Pantas jika kuliner ini  menjadi  salah satu primadona kuliner di Surabaya khususnya di wilayah Pasar Pabean Surabaya. (Sq)





No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad