Keluarga Penerima Manfaat Kelurahan Nyamplungan Bersyukur Dengan Adanya BPNT - KIM Nyamplungan

Breaking

Sunday, December 30, 2018

Keluarga Penerima Manfaat Kelurahan Nyamplungan Bersyukur Dengan Adanya BPNT



Pengecekan penerima BPNT oleh Kader Nyamplungan.
Surabaya - Dalam rangka meningkatkan efektifitas dan ketepatan  sasaran penyaluran bantuan sosial serta mendorong keuangan inklusif, maka Pemerintah dalam hal ini Presiden RI memberikan arahan agar bantuan sosial dan subsidi disalurkan secara non tunai dengan sistem perbankan. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di E-Warong KUBE/ PKH pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) seperti Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank BRI. Kelurahan Nyamplungan sendiri dalam hal pembagian BPNT sudah mempunyai lokasi tetap yakni di Jl. Kalimas Hilir 1B No. 8 Surabaya. Pengambilan BPNT dilakukan mulai dari pukul 08.00 pagi - 20.00 malam, bulan ini pembagian BPNT dalam bentuk sembako beras dan telur  untuk warga KPM di Kelurahan Nyamplungan sudah dilaksanakan mulai tanggal 20-25 Desember 2018.

Suasana Pembagian BPNT.
Seperti yang diketahui bahwa di Kelurahan Nyamplungan sendiri masih ada warga yang masuk kategori kurang mampu, salah satu warga penerima manfaat menuturkan sangat bersyukur dengan adanya bantuan dari pemerintah tersebut. Hal itu tentunya sesuai dengan tujuan dari BPNT sendiri yakni mengurangi angka kemiskinan. Sebagai informasi, Pembagian BPNT bertujuan untuk mengurangi  beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu. Adapun manfaat dari BPNT ini antara lain meningkatnya ketahanan pangan di tingkat KPM sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, meningkatnya efisiensi penyaluran bantuan sosial dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi di daerah, terutama usaha mikro kecil dan menengah di bidang perdagangan.

Jadi pemerintah mengharapkan, dengan adanya pembagian BPNT ini bisa tepat sasaran terutama kepada warga yang kurang miskin dan kurang mampu, dalam hal ini Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bisa memanfaatkannya dengan baik, paling tidak bisa digunakan tidak hanya untuk kebutuhan  sehari-hari namun juga bagi yang mempunyai usaha juga bisa memanfaatkan bantuan pemerintah ini dengan lebih baik. (sq)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad