Sidak Jumantik Kecamatan Pabean Cantian Ke Kampung Pabean - KIM Nyamplungan

Breaking

Friday, December 28, 2018

Sidak Jumantik Kecamatan Pabean Cantian Ke Kampung Pabean

Sidak Jumantik Kecamatan Pabean Cantian Ke Kampung Pabean

Pengarahan oleh Bapak Lurah kel. Nyamplungan sebelum
pengecekan ke rumah warga


Surabaya - Pagi itu suasana Kampung Pabean gang Ketapang 3 (tiga) wilayah RT 01 RW 10 Pabean Sayangan masih tampak lengang, meski bersamaan dengan kunjungan dari Ibu-Ibu Juru Pemantau Jentik (JUMANTIK) Kecamatan Pabean Cantian. Jum'at, 10 Agustus 2018 lalu.  Beberapa warga cukup kaget melihat rombongan Ibu-Ibu yang meminta ijin untuk memasuki beberapa rumah warga disana yang terlihat seperti inspeksi mendadak (sidak). Dengan mengenakan seragam kaos lengan panjang berwarna hijau terang dengan tulisan " Jumantik Kelurahan Nyamplungan Kecamatan Pabean Cantian" nampak serius mengecek kamar mandi di salah satu rumah warga, nampak salah satu warga pemilik rumah berdialog dengan salah satu Ibu-Ibu. Ternyata, rombongan Ibu-Ibu ini sedang melakukan pengecekan ke rumah - rumah warga terkait dengan pemantauan jentik nyamuk Aedes Aegypti juga kebersihan kamar mandi meliputi pengecekan bak mandi juga tempat air, karena sebelumnya ada laporan terkait salah satu warga di kampung ini yang terkena penyakit demam berdarah. 

Suasana saat Ibu-Ibu Jumantik melakukan pemantauan dan pengecekan.

Sebagai informasi, Jumantik adalah Juru Pemantau Jentik yang berasal dari anggota masyarakat yang secara  sukarela memantau keberadaan  jentik nyamuk '' Aedes Aegypti"di sekitar lingkungannya. Tujuannya adalah mensosialisasikan dan mendorong  warga masyarakat dalam hal ini warga Kelurahan Nyamplungan untuk melakukan Pemberantasan  Sarang Nyamuk (PSN) secara rutin dan berkelanjutan.  Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) ini dapat dilakukan melalui 3M ( Menutup, Menguras dan Mengubur ) yang dapat dilakukan secara mandiri.  Ibu-Ibu Jumantik ini juga tidak lupa menyampaikan kembali pentingnya untuk lebih menggencarkan lagi kebersihan lingkungan sekitar dan pemberantasan sarang nyamuk melalui 3M kepada warga Kampung Pabean.


Setelah beberapa kali memasuki rumah warga, kemudian dilanjut dengan ramah tamah oleh tuan rumah dalam hal ini Ibu-Ibu dari RT 01 Kampung Pabean gang Ketapang 3 (tiga), dari hasil pengamatan dan pengecekan kemudian diusulkan untuk ditindak lanjuti dengan dilakukannya fogging atau pengasapan untuk membasmi nyamuk penyebab demam berdarah. Semoga dengan adanya kunjungan dari Ibu-Ibu Jumantik bisa memberikan pengetahuan kepada warga terutama warga Kelurahan Nyamplungan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.(sq)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad