Karang Taruna RW 04 Meriahkan Kampung Dengan Pesta Rakyat - KIM Nyamplungan

Breaking

Wednesday, October 16, 2019

Karang Taruna RW 04 Meriahkan Kampung Dengan Pesta Rakyat



Kartar RW 04 dan anak - anak warga mengenakan kostum adat berlaga diatas panggung.

Setiap kampung mempunyai keunikannya sendiri, khususnya dalam rangka menghidupkan kampungnya, baik dalam acara kemerdekaan ataupun acara pertunjukan kampung lainnya. Biasanya warga melalui pengurus kampung RT RW serta Karang Taruna juga turut dilibatkan dalam penyelenggaraan demi memeriahkan dan menghidupkan acara di kampungnya. Tidak terkecuali yang dilakukan oleh  Karang Taruna (Kartar) RW 04 Kelurahan Nyamplungan Surabaya ini. Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda pada bulan Oktober ini, Karang Taruna RW 04 menyelenggarakan Pesta Rakyat yang didalamnya juga dikemas pentas seni warga, hiburan musik dangdut serta tidak lupa Bazar. Acara ini diadakan pada tanggal 12 hingga 13 Oktober 2019 di wilayah RW 04. Selain itu pesta rakyat ini sudah menjadi agenda rutin warga tiap tahunnya. 

Dari keseluruhan acara pesta rakyat, selain Bazar juga ada pentas seni yang menjadi perhatian dari warga sekitar. Barisan anak-anak warga yang berpakaian kostum adat nusantara, nampak ada yang memakai pakaian tradisional adat Jawa, Sumatera dan sebagainya. Lucunya tingkah polah anak-anak warga yang berpakaian adat nusantara ini menjadi daya tarik sendiri bagi warga. Selain dihadiri oleh warga dari wilayah RW 04, pesta rakyat ini juga dihadiri oleh warga wilayah RW lainnya.

Acara Bazaar di RW 04
Disaat banyaknya para generasi muda di Surabaya yang terlibat tawuran, terpengaruh Narkoba dan melakukan aktifitas yang merugikan diri sendiri  serta orang lain. Maka, penting sekali memupuk kesadaran warga, khususnya para generasi muda di kampungnya untuk terus berperan aktif dalam kegiatan -kegiatan yang positif di kampungnya, salah satunya dengan mengadakan pesta rakyat ini.

Hal tersebut senada dengan yang disampaikan oleh Ketua Kim Nyamplungan, Agus Pristiawan, saat ditemui disela acara. " Para generasi muda sudah waktunya memberikan kontribusi positif di wilayah dimana mereka tinggal, seperti tergabung dalam Karang Taruna tingkat RW kemudian mengadakan acara-acara atau kegiatan positif untuk menghidupkan dan memeriahkan kampungnya. Paling tidak ada kesibukan untuk melakukan kegiatan yang positif ", terangnya.

Selain mengenang jasa para pahlawan dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan solidaritas warga masyarakat Kelurahan Nyamplungan, khususnya warga di RW 04 untuk tetap menjaga dan melestarikan kampungnya melalui acara atau kegiatan yang positif.(sq)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad