Tips Mengatasi Rasa Gabut Selama #dirumahsaja Saat Pandemi Covid 19 - KIM Nyamplungan

Breaking

Tuesday, May 12, 2020

Tips Mengatasi Rasa Gabut Selama #dirumahsaja Saat Pandemi Covid 19





Illustrasi : seekor kucing yang sedang bermalasan, Source: google

Surabaya - Hampir seluruh negara di dunia terkena imbas dari Pandemi Covid-19 tidak terkecuali di Indonesia terutama Jawa Timur, Gubernur Jawa Timur kemudian memberlakukan penerapan PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar ) untuk Surabaya, Kabupaten Gresik dan Sidoarjo pada 29 April 2020 hingga 11 Mei 2020, di Surabaya sendiri Ibu Tri Rismaharini Walikota Surabaya telah mengeluarkan Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 16 Tahun 2020 guna mendukung penerapan PSBB tersebut, Kini, PSBB jilid 2 (dua) resmi diperpanjang oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, yakni mulai 12 Mei 2020 hingga 25 Mei 2020. 


Beberapa pembatasan sosial dilakukan oleh warga di Surabaya dari mulai membuat kampung steril dengan memasang alat semprot disinfektan pada pintu masuk kampung hingga penutupan kampung di kawasan tertentu. Sekolah dan Universitas juga sudah diliburkan, kegiatan mendidik dilakukan dirumah, beberapa kantor dan tempat kerja juga menerapkan sistem kerja di rumah.


Hal ini tentunya menimbulkan reaksi beragam dari warga yang sudah terbiasa berkegiatan diluar, tidak terkecuali rasa "Gabut" karena terlalu lama di rumah. Dilansir media Quiperrian, Gabut selain bahasa Slang juga merupakan akronim dari "gaji buta". Gaji buta yang dimaksud sebenarnya adalah gaji atau upah yang diterima seseorang yang tidak melakukan seluruh atau sebagian pekerjaannya. Namun, penggunaaan istilah Gabut ini kemudian memiliki makna yang beragam, seperti Rasa Malas, Bosan, dan tidak ada kegiatan. Dilihat dari pemaknaannya, konotasi kata Gabut ini cenderung negatif.

Menghindari hal tersebut, kamu yang merasa terlalu banyak Gabut sebenarnya punya jalan keluar, kok. Yang paling sederhana adalah mengisi waktu luang dengan mencari kesibukan yang bermanfaat dan positif. Berikut 5 (lima) Tipsnya:


1. Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah sangat perlu dilakukan demi kesehatan bersama keluarga, sehingga rumah juga terhindar dari sarang penyakit, bakteri dan virus. Hal ini tentunya efektif dilakukan, hitung - hitung badan kita bisa bergerak sekalian olahraga, badanpun jadi sehat.


2. Menyalurkan Hobi

Selama melakukan karantina #dirumahsaja tentu tidak ada salahnya menyalurkan hobi yang lama terpendam, seperti : berkebun di halaman rumah, melukis, memasak masakan tradisional, membuat kue (syukur -syukur bisa jadi prospek usaha keluarga), membaca Novel hingga membuat konten Youtube selama #dirumahsaja ( teruntuk orang yang sering eksis di sosmend dan kamera, gunakan waktu kalian dengan membuat konten yang berfaedah, setidaknya konten yang positif yang mengibur orang lain ( Note: bukan konten mebagikan sembako sampah ya gess ).

3. Olahraga Ringan di Dalam Rumah

Melakukan olah raga tidak harus di luar ruangan kan, apalagi selama masa pandemi ini belum berakhir,  hal ini ternyata bisa dilakukan di rumah lho, bagi yang suka aerobik bisa melakukannya di depan TV atau juga yang ingin melakukan Yoga, adem tuh bila dilakukan di lantai atas rumah sambil berjemur disinari Matahari pagi. 

4. Ikut Kelas Belajar Online

Selama kamu di rumah saja, tidak ada salahnya mengikuti kelas belajar online untuk menambah pengetahuan dan skill kamu, seperti: kelas online Fotografi, kelas online bahasa  asing hingga mengikuti Virtual Tour yang digagas oleh pengelola wisata di Surabaya ( bagi yang suka travel dan blusukan nih ).


5. Ibadah dan Berdoa

Ibadah dan Doa merupakan hal yang paling utama yang bisa kamu lakukan selama di rumah, selain menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT juga bisa menambah dan memperlancar rejeki kita nantinya gaess, seperti bersedekah, melakukan ibadah Sholat Tahajud, Tadarus Al Qur'an ( selama bulan Ramadhan pintu ampunan dan keberkahan dibuka seluas-luasnya) berdoalah mintalah petunjuknya serta jalan keluar agar Pandemi  Covid19  ini segera berakhir, sehingga kita bisa kembali melakukan aktifitas seperti sedia kala. 


Itulah beberapa Tips menarik agar kalian tidak merasa "Gabut" selama melakukan karantina #dirumahsaja, semoga bisa bermanfaat, Stay Save, Stay Healthy and Stay at Home (umi)



No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad